KI 1 : 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif
dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : 3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada mahluk hidup.
1.2 Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam
kemampuan mengamati bioproses.
1.3 Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur
terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan
eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan
berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama,
cinta damai, berpendapat
secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam
dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan
dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan
dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
3.6 Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme
peredaran darah serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem
sirkulasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
4.6 Menyajikan
hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi darah, jantung dan
pembuluh darah yang menyebabkan gangguan sistem peredaran darah manusia melalui
berbagi bentuk media presentasi.
C. INDIKATOR
1. Menjelaskan komponen dan fungsi darah
2. Menjelaskan prinsip dasar penggolongan
darah
3. Menjelaskan alat-alat/ proses peredaran
darah manusia
4. Menjelaskan penyebab/penyakit yang terjdi
pada sistem peredaran darah
5. Menjelaskan sistem peredaran darah
berbagai hewan
6. Menjelaskan alat-alat peredaran darah berbagai
hewan
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menjelakan komponen-komponen darah manusia
2. Menjelaskan fungsi darah pada manusia
3. Menjelaskan prinsip dasar penggolongan darah
4. Menjelaskan golongan darah manusia
5. Menjelaskan dasar-dasar transfuse darah
6. Mendeskripsikan alat-alat peredaran darah
pada manusia
7. Menjelaskan proses peredaran darah pada
manusia
8. Mendeskripsikan berbagai kelainan/penyakit
pada sistem peredaran darah
9. Menjelaskan penyebab penyakit yang terjadi
pada sistem peredaran darah
10. Mendeskripsikan gejala yang timbul akibat
penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah
11. Menjelaskan upaya menghindari/rehabilitasi
kelainan/penyakit pada sistem peredaran darah
12.
Menjelaskan sistem peredaran darah hewan invertebrata
13.
Mengidentifikasi alat-alat
peredaran darah hewan invertebrata
14. Menjelakan sistem peredaran darah hewan
vertebrata
15. Mengidentifikasi alat-alat peredaran hewan
vertebrata
MAPPING SISTEM PEREDARAN DARAH
No
|
Konsep
|
Sub Konsep
|
Sub-Sub Konsep
|
Learning Point
|
Visualisasi
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar/ Link
|
1.
|
Sistem peredaran darah
|
1.1 Sistem
peredarah pada Manusia
|
1.1.1
Jantung
|
|
Video
Gambar
Ilustrasi
|
10 menit
|
·
Buku siswa
·
Buku Biologi
·
Sumber-sumber lain yang relevan
·
LKS
|
1.1.2 Pembuluh darah
|
|
Video
Gambar
Ilustrasi
|
15 menit
|
·
Buku siswa
·
Buku Biologi
·
Sumber-sumber lain yang relevan
·
LKS
|
|||
1.1.3
Darah
·
Plasma darah
·
Sel-sel darah
|
|
Video
Gambar
Ilustrasi
|
20 menit
|
·
Buku siswa
·
Buku Biologi
·
Sumber-sumber lain yang relevan
·
LKS
|
|||
1.1.4
Hubungan Sistem Peredaran Darah dengan
kesehatan
|
|
Video
Gambar
Teks
|
10 menit
|
·
Buku siswa
·
Buku Biologi
·
Sumber-sumber lain yang relevan
·
LKS
|
|||
1.2 Sistem Peredaran Darah pada Hewan
|
1.2.1 Sistem Peredaran Darah Terbuka
|
|
Video
Gambar
Ilustrasi
|
10 menit
|
·
Buku siswa
·
Buku Biologi
·
Sumber-sumber lain yang relevan
·
LKS
|
||
1.2.2 Sistem Peredaran Darah Tertutup
|
|
Video
Gambar
Ilustrasi
|
15 menit
|
·
Buku siswa
·
Buku Biologi
·
Sumber-sumber lain yang relevan
·
LKS
|
|||
1.2.3 Peredaran Darah pada Hewan
Vertebrata
|
|
Video
Gambar
Ilustrasi
|
20 menit
|
·
Buku siswa
·
Buku Biologi
·
Sumber-sumber lain yang relevan
·
LKS
|
Komentar
Posting Komentar